Change Background of This Blog!


Cyber4rt Blog

Posts Subscribe to InFoGauLComments

Online bookmark Bookmark

Flaming Arrow Glitter Purple

Teknik Komputer Dan Jaringan

      Teknik komputer dan jaringan
Teknik komputer jaringan adalah suatu bidang yang memperlajari jaringan jaringan yang berhubungan dengan komputer.
Struktur komputer
Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang mana informasi tersebut akan di butuhkan oleh setiap orang.
Dengan itu untuk mengolah suatu informasi di perlukan elemen – elemen yang terdiri dari perangkat keras(hardware), perangkat lunak (software) dan brainware (user).
Ketiga elemen ini harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras komputer terbagi menjadi 4 jenis yaitu perangkat masukan(input device), perangkat keluaran(output storage), unit pemrosesan(central processing unit biasanya di singkat cpu), perangkat penyimpanan (storage device).
1. Perangkat masukan (input device)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberi masuka kepada komputer.
Perangkat masukan di bagi menjadi 2 yaitu: Perangkat masukan langsung dan perangkat masukan tidak langsung.
Perangkat masukan langsung adalah perangkat masukan yang langsung di eksekusi oleh cpu, contohnya keyboard, lighpen, mouse, scaner,dll
Perangkat masukan tidak langsung yaitu perangkat masukan yang tidak langsung di eksekusi oleh cpu, misalnya key punch yang dilakukan melalui media punch card(kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita sebelum di proses oleh alat pemroses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hardisk) sebelum di proses lebih lanjut.
2. Unit pemrossesan
Cpu merupakan otak dari system komputer, cpu memiliki 2 bagian yaitu: AlU(aritmatika logaritma unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU(control unit)sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU sebagai tempat pemrossesan instruksi-instruksi program. Pada kompoter mikro sering di sebut micro peocessor. Atau processor.
Processor dalam dunia dagang di beri nomor seri dan nama sesuai dengan pembuatnya.
Misalnya intel pentium 100 dikenal dengan intel pentium 1, intel pentium 350 di sebut intel pentium 2, intel pentium 450 disebut intel pentium 3, intel pentium 531 disebut intel pentium 4,intel celeron 333, intel core 2 duo E4400, intel core 2 quad 9550, AMD K-II buatan AMD, AMD duron, AMD athlon 64 X2 4400+, AMD 64 X3 8650, dan AMD phenom X4 9850, masing masing processor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
3. Perangakt penyipanan(storage device)
Perangkat penyimpanan adalah suatu perangkat yang berfungsi menyimpan data baik yang sementara maupun tidak. Perangkat storage di bagi menjadi 2 yaitu, penyimpanan eksternal dan penyimpanan internal.
Contoh penyimpanan eksternal yaitu:flash disk, flash memory, cd/dvd, dll
Contoh penyimpanan internal yaitu : hardisk internal, dll.


4. Perangkat keluaran
Perangkat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan hasil olahan dari komputer. Contohnya: printer, monitor, speaker, plotter, dll
Output yang di hasilkan dari pemrosessan data di golongkan menjadi 4 bentuk yaitu:
· Tulisan(huruf,angka,simbol khusus),
· Image(dalam bentuk grafik atau gambar),
· Suara,
· Dan bentuk lain yang dapat di baca oleh mesin(machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat di gunakan langsung oleh manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya di gunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll